Minggu, 07 Maret 2010

Ferrari menggunakan Hybrid






ferrari Terapkan Teknologi HybridSudah sejak lama Ferrari dikenal sebagai mobil sport yang biasanya didominasi warna merah menyala sebagai citranya. Sebagai mobil sport dengan kekuatan besar, bahan bakar bensin yang dikonsumsinya jelas dalam jumlah besar. Dengan kondisi seperti ini maka Ferrari tidak bisa dibilang mobil dengan mesin ''hijau''.

Isu global tentang perubahan iklim tampaknya mulai membawa pengaruh bagi banyak produsen mobil di berbagai negara. Ferrari yang diproduksi di Italia, tampaknya mulai berpikir untuk membuat mobil produknya menjadi lebih ramah lingkungan.


Pada Geneva Motor Show tahun ini, Ferrari memperkenalkan produknya, Ferrari 599, yang telah dilengkapi dengan teknologi hybrid. Tujuannya jelas, untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan menurunkan emisi karbonnya. Namun performa akselerasi dan unjuk kerjanya tetap dipertahankan.

Ferrari ''hijau'' ini benar-benar hijau. Cat merah yang biasanya menutupi seluruh bodi mobil sport, kini diubah menjadi warna hijau bagi Ferrari 599 yang menggunakan motor listrik untuk mem-back up mesin bensin 6.000 cc berkonfigurasi V12.

Menurut Ferrari, karbon dioksida yang berhasil dipangkas dengan teknologi ini sebesar 270g/km atau 35% penurunan dibanding mobil Ferrari konvensional. Konsumsi bahan bakarnya juga mengalami penghematan, dari 1 liter untuk 6 kilometer kini menjadi 1 liter untuk jarak tempuh 14 kilometer.

Dengan teknologi hybrid tersebut, Ferrari 599 yang mempunyai kecepatan maksimum 320 kilometer per jam, mampu melaju dari 0 - 100 kilometer dalam 3,5 detik tanpa mengeluarkan suara. Jauh lebih cepat dibanding Ferrari versi konvensional.

Bagi para penggemar mobil balap, kondisi ini mungkin tidak mewakili sosok mobil balap yang tangguh dengan suara raungan mesin yang garang, tetapi setidaknya memicu para penggemar mobil untuk berwawasan lingkungan, meski di Eropa sendiri dengan standar penurunan emisi karbon yang ketat, kemungkinan Ferrari tidak bisa dipasarkan di benua tersebut.
[dailymail]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar